Arduino adalah kit elektronik atau papan rangkaian elektronik open source yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVR dari perusahaan Atmel. Arduino yang kita gunakan dalam praktikum ini adalah Arduino Uno yang menggunakan chip AVR ATmega 328P. Dalam memprogram Arduino, kita bisa menggunakan komunikasi serial agar Arduino dapat berhubungan dengan komputer ataupun perangkat lain.
Gambar 2. LCD |
Gambar 4. Modul Circuit LCD |
Modul keypad 3x4 merupakan suatu modul keypad berukuran 3 kolom x 4 baris seperti ditunjukkan pada Gambar dibawah. Modul ini dapat difungsikan sebagai input dalam aplikasi seperti pengaman digital, absensi, pengendali kecepatan motor, robotik, dan sebagainya.Penggunaan keypad dilakukan dengan cara menjadikan tiga buah kolom sebagai output scanning dan empat buah baris sebagai input scanning.
Gambar 6. Keypad 3x4 berbahan Carbon Elastic |
1. Apabila Kolom 1 diberi logika ‘0’, kolom kedua dan kolom ketiga diberi
logika ‘1’ maka program akan mengecek tombol 1, 4, 7, dan *, sehingga
apabila salah satu baris berlogika '0' maka ada tombol yang ditekan.
2. Apabila Kolom 2 diberi logika ‘0’, kolom pertama dan kolom ketiga diberi
logika ‘1’ maka program akan mengecek tombol 2, 5, 8, dan 0, sehingga
apabila salah satu baris berlogika '0' maka ada tombol yang ditekan.
3. Apabilla kolom 3 diberi logika "0", kolom pertama dan kolom kedua diberi
logika "1" maka program akan mengecek tombol 3,6,9, dan #, sehingga
apabila salah satu baris berlogika "0" maka ada tombol yang ditekan.
4. Kemudian kembali ke semula, artinya program looping terus mendeteksi data
kolom dan data baris, cara ini disebut scaning atau penyapuan keypad untuk
mendapatkan saklar mana yang ditekan.
Gambar 10. Flowchart |
#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi libary LCD#include <Keypad.h> //Deklarasi library Keypadconst byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah barisconst byte COLS = 3; /Deklarasi jumlah kolomchar keys[ROWS][COLS] = {{'1','2','3'},{'4','5','6'},{'7','8','9'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3{'*','0','#'}};byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk barisbyte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom//Inisialisasi Library dengan pin yang digunakanLiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali//Set baris dan kolom LCDlcd.begin(20, 4);lcd.setCursor(1,2);lcd.setCursor(4,3);lcd.setCursor(0,0);}void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulangchar key = keypad.getKey(); //Membaca keypadif (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekanlcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD}}
Analisa pada saat ingin menampilkan angka 1-5 dimulai dibagian tengah baris pertama LCD.
Jawab :
Setelah melaksanakan percobaan 3 pada modul 1 ini kita dapat mengatur letak pada angka yang ditampilkan pada LCD, untuk menentukan peletakkan tampilan pada LCD kita perlu mengatur pada program arduino yang akan digunakan pengaturan ini terdapat pada LCD setcursor (kolom,baris), oleh sebab itu untuk menampilkan angka 1,2,3,4,5 terdapat ditengah pada baris pertama LCD maka LCD setcursor diatur menjadi setcursor (8,0). Dimana angka 8 merupakan input angka yang akan dicetak pada LED dikolom yang ke delepan atau ditengah karena ada 16 kolom, sedangkan angka 0 mungkin baris pertama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar